Workshop 1 : Jl Krakatau No 14 Tunggorono Jombang Telp. 0821 4135 3993

Workshop 2 : Kavling Bumi Sedati A1 No 5 Sedati Sidoarjo Telp. 0821 4295 1410

HARGA LIFT BARANG DAN TIPE SERTA SPESIFIKASI LENGKAPNYA

Berbeda dengan lift penumpang passanger, lift barang adalah lift yang digunakan untuk mengangkut barang apapun jenisnya (sangat tidak direkomendasikan untuk memuat manusia) dari bawah ke atas maupun sebaiknya, dari satu lantai ke lantai yang lain dengan bantuan mesin penarik yang bertenaga listrik, motor bakar, maupun hidrolis yang disambungkan dengan tali baja/sling (wire rope) ataupun rantai ke kabin penampung muatan (sangkar).
Perbedaan yang mendasar ada pada tingkat keamanannya, yang mana safety lift barang lebih sederhana dibandingkan dengan tipe lift yang lain. Pada kapasitas angkutnya, lift barang sangat variatif, mulai dari lift barang mini kapasitas 50 kg hingga 5000 kg dan bahkan di lingkungan industri ada juga lift barang yang berkapasitas hingga 20 ton.

Lift barang 2000 kg

Kegunaan Lift barang

Penggunaan lift barang sangat luas, mulai dari rumah tangga, rumah toko (ruko), perkantoran, pergudangan, proyek pembangunan, gedung, industri berat, hingga rumah sakit, restoran dan lain-lain. Manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya lift barang antara lain :

  1. Efisiensi waktu. Dengan menggunakan lift barang, waktu yang diperlukan untuk memindahkan barang jauh lebih cepat.
  2. Efisiensi tenaga kerja. Barang dengan berat diatas 100 kg dipastikan akan memerlukan lebih dari 3 orang untuk mengangkatnya dari satu lantai ke lantai lain. Dengan menggunakan lift barang, 1 orang sudah cukup untuk melakukannya.
  3. Barang yang di angkut relative lebih aman jika dibandingkan diangkut oleh tenaga manusia melalui tangga.
  4. Peningkatan produktivitas. Produktivitas dapat dipastikan akan meningkat drastis seiring dengan efisiennya waktu dan tenaga kerja yang didapatkan dari penggunaan lift barang ini.

Komponen dan Alat Lift Barang

Komponen pokok dari alat lift barang yaitu, kabin muatan, rel pengarah kabin (guide rail), tali baja (wire rope), dan mesin penggerak, dan control panel. Kelengkapan lainnya adalah sarana pengaman yang antara lain ; safety device, buffer, pagar pengaman, limit switch dan lain-lain. Beberapa kontraktor menggunakan counter weight sebagai beban penyeimbang, kontruksi penyangga lift jika struktur bangunan tidak mendukung hoistway.

Kabin Muatan / sangkar lift

Kabin lift berfungsi sebagai penampung muatan yang akan diangkut oleh lift. Bentuknya customable, bermacam-macam bentuk dan ukurannya serta disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Untuk kelas dumbwaiter seperti lift makanan di restoran, pakaian di rumah sakit ukurannya relative kecil dan dinding terbuat dari stainless tertutup untuk menghindari tercemarnya muatan dari kotoran yang mungkin timbul dari kabin. Tentu berbeda pula kabin lift proyek dengan lift barang untuk industri, gudang maupun lift barang sederhana untuk rumah.

Sangkar Lift barang

Rel Kabin dan Roda Lift Barang

Rel kabin dan roda lift barang berfungsi sebagai pengarah sekaligus pengunci agar kabin tidak bergoyang ke samping kanan ataupun kiri. Umumnya kontraktor lift barang menggunakan baja profil seperti UNP untuk lift barang sederhana dan WF untuk lift yang berkapasitas lebih besar. Roda lift barang ada yang terbuat dari baja yang didalamnya ditanam bearing. Adapula yang terbuat dari material Teflon namun belakangan ini mulai ditinggalkan karena umumnya tidak tahan lama.
Ada pula yang menggunakan baja profil T sebagai rel kabil sebagaimana yang biasa dipakai lift penumpang. Alasan penggunaan jenis ini karena lebih praktis dalam pemasangan, penyambungan dan hoistway dan tempat mesin penggerak yang tidak membutuhkan kontruksi penyangga.

Roda Lift barang

Mesin penggerak

Mesin penggerak ini berguna sebagai pusat tenaga untuk menaikkan kabin lift. Ada beberapa jenis mesin penggerak lift barang. Sebagian besar menggunakan motor listrik, dirangkai dengan gearbox utuk menggerakkan drum (sheave). Sebagian lain menggunakan motor listrik yang dirakit dengan pompa untuk menggerakkan hidrolis. Untuk yang bersifat mobile seperti di proyek ada yang menggunakan motor bakar (diesel atau motor bensin).

Salah satu type hoist Lift Barang

Tali baja (Wire rope)

Penggunaan tali baja jenis sling pada lift barang lebih direkomendasikan daripada menggunakan rantai sebagai penghubung antara unit penggerak dan kabin lift karena beberapa kelebihannya yaitu lebih kuat, elastis, serta ada indikasi yang jelas ketika mendekati putus. Disamping itu, untuk menambah faktor keamanan, penggunaan sling lebih dari satu bisa diterapkan pada system lift barang. Hal yang sama akan sulit diterapkan jika menggunakan rantai.

Seling Lift barang

Kontrol Panel

Untuk lift barang 2 lantaihingga 3 lantai, penggunaan rangkaian relay masih memungkinkan sebagai control proses input dari push button dan komponen lainnya untuk diolah menjadi output yang dikirim ke unit. Diatas itu, penggunaan PLC sebagai control jauh lebih efisien dan praktis.

Kontrol Panel Lift barang

Tipe dan Spesifikasi Lift Barang

Ada berbagai tipe serta spesifikasi lift barang karena memang menyesuaikan kebutuhan pengguna dari bermacam bidang dan kondisi. Oleh karena itu pembagian tipe maupun spesifikasi lift barang berikut ini tidak lah mutlak, karena akan banyak tipe lain dengan berbagai speifikasinya yang mungkin tidak kami sebutkan disini.

Dumbwaiters atau lift barang kecil

Ini adalah lift barang kecil dari sisi ukuran maupun kapasitas angkutnya. Kapasitas dumbwaiters, sering juga disebut lift barang mini ini kebanyakan mulai dari 50 kg dan paling besar 200 kg. Biasa digunakan di rumah sakit untuk mengangkut pakaian, alat kesehatan, sampah medis dan lain-lain dari satu lantai kelantai yang lain. Di restoran atau rumah makan yang mempunyai 2 lantai atau lebih juga menggunakan lift barang kecil ini untuk mengangkat makanan ataupun peralatannya antar lantai sehingga pekerjaan jauh lebih praktis dan efisien. Kabin lift dumbwaiters tertutup rapat dan umumnya berbahan stainless dindingnya karena mengutamakan kebersihan.

Lift barang sederhana

Selain dumbwaiters, lift barang sederhana sering digunakan di beberapa lingkungan kerja rumahan, UMKM, peternakan atau industri menengah yang membutuhkan lift barang berukuran kecil dengan bentuk yang sederhana. Lift barang sederhana ini kapasitasnya mulai dari 100 kg hingga 500 kg. Bentuk kabin lift juga dibuat sesimpel mungkin, tidak harus tertutup rapat, dan kadang pintu kabin tidak diperlukan disini. Perangkat keamanan tetap dipasang meskipun sederhana agar bisa menekan harga lift barang lebih murah.

Lift barang kapasitas 1 ton – 2 ton

Lift barang kapasitas 1 ton – 2 ton memerlukan ukuran kabin yang relative besar, setidaknya dengan area kabin diatas 1 m2 dan desain perlu sekali diperhatikan kekuatan dan keamanannya. Pintu kabin sangat diperlukan termasuk juga pintu di tiap lantai. Dengan kapasitas tersebut, perangkat keamanan jadi perhatian penting karena menyangkut keamanan lokasi kerja termasuk operator. Struktur penyangga dan ukuran rel pengarah harus benar-benar diperhitungkan dengan matang. Jika struktur beton di ruang luncur tidak memenuhi syarat maka harus dibuatkan kontruksi baja sebagai penyangganya agar kuat menahan beban lift barang termasuk mesin penggeraknya.

Lift barang kapasitas 2 ton – 3 ton

Barang yang diangkut dalam lift barang 3 ton umumnya berupa logam, material cair, mobil dan barang berat lainnya. Penggunaan hidrolis sebagai mesin penggerak yang sangat powerful untuk lift barang ini bisa menjadi alternative ketika kenaikan tidak lebih dari 2 lantai atau sekitar 4 meter.Level factor keamanan makin tinggi dan berlapis. Sangat tidak disarankan menggunakan mesin penggerak yang memakai rantai sebagai tali penariknya. Kontraktor lift barang yang berpengalaman akan menggunakan doble wire rope untuk menjamin kekuatan lift barang 3 ton ini.

Lift barang untuk proyek

Ada 2 macam lift barang untuk proyek, jenis standby dan yang mobile alias bisa dipindahan dengan mudah. Untuk yang standby spesifikasi lebih mirip dengan lift barang kapasitas 1 ton – 3 ton. Sedangkan yang tipe mobile ada yang menggunakan mesin diesel yang disambungkan ke kopling dan rangkaian gear reducer, drum dan terhubung dengan kabin penampung muatan dengan bantuan sling. Sering digunakan untuk menaikkan readymix secara manual (tanpa pompa) dari atas tanah ke lantai atas pada proses pengecoran ditempat yang tidak bisa dijangkau mobil readymix.

Harga Lift Barang

Harga lift barang sebagaimana variatifnya tipenya juga beraneka ragam. Perbedaan harga lift barang selain factor kapasitas lift, juga dipengaruhi oleh jumlah lantai atau ketinggian, tingkat keamanan, bentuk dan ukuran kabin, tipe mesin penggerak serta kontruksi penyangganya.
Harga jual lift barang berikut ini tidak mutlak nilainya, karena sebagaimana dijelaskan diatas, variable yang mempengaruh harga lift barang ini sangatlah banyak. Jika anda dengan budget terbatas dan menginginkan harga lift barang yang murah, diskusikan dengan baik dan intens ke kontraktor yang anda pilih.

Harga lift barang kecil atau Dumbwaiters

Kisaran harga lift barang kecil atau dumbwaiter untuk 2 lantai : Rp 35.000.000 – Rp 60.000.000
Penambahan jumlah lantai bisa akan menambah harga sekira : Rp 5.000.000

Harga Lift barang sederhana

Untuk harga lift barang sederhana 2 lantai dengan kapasitas 500 kg sampai 1 ton ada di kisaran Rp 40.000.000 – Rp 60.000.000.
Untuk penambahan jumlah lantai akan menambah harga lift barang sekitar Rp 7.500.000

Harga lift barang 2 ton

Harga lift barang 2 ton untuk 2 lantai berkisar antara : Rp 60.000.000 – Rp 90.000.000
Penambahan jumlah lantai menambah harga sekitar : Rp 10.000.000
Harga ini belum termasuk kontruksi lift barang yang mungkin saja akan diperlukan jika struktur beton yang ada dibangunan tidak memenuhi syarat

Harga lift barang 3 ton

Harga lift barang 3 ton untuk 2 lantai berkisar antara : Rp 80.000.000 – Rp 120.000.000
Penambahan lantai akan menambah harga sekitar : Rp 15.000.000
Harga belum termasuk kontruksi lift barang yang digunakan untuk menyangga lift.

Harga lift barang proyek

Untuk harga lift barang proyek tipe mobile yang menggunakan penggerak diesel sebagai penggerak berkisar antara : Rp 35.000.000 – Rp 50.000.000

Memilih Kontraktor Lift Barang

Untuk memilih kontraktor lift barang, pastikan mereka memenuhi kriteria berikut ini.
Pengalaman dan Reputasi
Memberikan Informasi yang jelas
Memberikan Harga yang Realistis
Memberikan Garansi yang Jelas

Comments

3 tanggapan untuk “HARGA LIFT BARANG DAN TIPE SERTA SPESIFIKASI LENGKAPNYA”

  1. Avatar Erwin Ramali
    Erwin Ramali

    Selamat Siang,
    Saya ERWIN, mau pesan lift untuk angkut barang dengan berat < 500 kg, tetapi posisi operasi lift dari lantai fasar ke bawah dengan kedalaman 10 meter, mohon bisa kita diskusikan..dengan kontak saya tlp/wa 081380888799
    Saya tunggu terima kasih.

  2. Avatar Catur S
    Catur S

    Selamat siang
    Saya Catur, mau pesan lift untuk angkut barang dengan berat kurang dari 100 kg dari lantai bawah ke lantai 3 dengan ketinggian 10 meter, mohon bisa didiskusikan dgn telp/WA 0823-3706-5758
    saya tunggu info lebih lanjut..Terima kasih atas responnya

    1. Avatar admin
      admin

      Baik Pak, kami hubungi segera